KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjelang akhir tahun, prospek kinerja emiten ritel perabot dan perkakas rumah tangga mulai menggeliat. Selain memacu ekspansi, para peritel perkakas rumah tangga beradu strategi penjualan di sisa tahun ini.
PT Catur Sentosa Adiprana Tbk melihat prospek bisnisnya masih tumbuh cukup baik pada tahun ini. Meski sektor properti masih lesu, sejauh ini emiten berkode saham CSAP di Bursa Efek Indonesia (BEI) tersebut mencatatkan pertumbuhan cukup baik.
Sekretaris Perusahaan CSAP, Idrus H Widjajakusuma, menyebutkan kebutuhan renovasi rumah masih cukup baik. Secara siklus, hingga menjelang tutup tahun ini, permintaan terhadap produk building material masih meningkat bagi masyarakat yang ingin renovasi, perbaikan maupun ekspansi rumah tinggalnya. "(Bisnis) Distribusi kami masih tumbuh kurang lebih 7%-8% dan ritel tumbuh 19%-20%," kata dia kepada KONTAN, Selasa (17/9).
Hingga semester pertama tahun ini, CSAP meraih pertumbuhan penjualan bersih 8% year on year (yoy) menjadi Rp 5,35 triliun. Sampai akhir tahun nanti, Catur Sentosa akan menempuh sejumlah strategi, seperti meningkatkan house brand, melakukan remodelling, promosi gerai demi menggenjot penjualan.
Kini jumlah gerai CSAP mencapai 31 gerai dan hingga akhir tahun 2019 ditargetkan mencapai 34 gerai. Mereka siap membuka gerai di Surabaya, Solo dan Makassar menjelang tutup tahun ini.
"Total kebutuhan capex CSAP tahun 2019 mencapai Rp 550 miliar dengan perincian segmen distribusi sebesar Rp 50 miliar, sedangkan ritel modern sebesar Rp 500 miliar," ungkap Idrus.
Bukan hanya CSAP, PT Hero Supermarket Tbk (HERO) melalui gerai Ikea juga menggenjot penjualan di sisa tahun ini. Ikea kerap mengeluarkan katalog tahunan di kuartal III. Strategi ini bisa menggenjot penjualan di akhir tahun secara signifikan.
PR Manager Ikea, Ririn Basuki, menyebutkan sejak mengeluarkan katalog tahun 2020 pada akhir Agustus lalu, trafik pengunjung ke gerai mereka meningkat drastis. Hal ini juga paralel dengan penjualan sejak awal September yang meningkat. "Jumlah trafik kunjungan naik dibandingkan tahun lalu," ujar dia.
Ikea bersama Guardian menjadi salah satu gerai milik HERO yang berkontribusi positif. Saat ini, Ikea fokus menyediakan produk yang sesuai preferensi masing-masing pelanggan.
Ririn bilang permintaan terhadap produk home improvement atau aksesori dan furnitur memiliki komposisi sama besar. Namun Ikea tak memerinci produk aksesori apa saja yang paling banyak diburu pelanggan.
Ikea bersiap membuka gerai kedua di wilayah Sentul pada kuartal keempat tahun ini. Sedangkan dua gerai lainnya menyusul dibuka pada tahun depan yakni di Jakarta dan Bandung.
PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) juga menggelar aneka promo untuk menggenjot penjualan. Salah satunya dengan mengadakan Boom Sale sejak bulan ini hingga 1 Oktober 2019.
Senior Marketing & Communications Manager ACES, Malvin Tarigan, menyebutkan program ini merupakan harga paling hemat sepanjang tahun. Selain itu, di bulan September juga ACES meluncurkan program helpful station sebagai bagian dari customer shopping experience.
Boom Sale merupakan kesempatan bagi pelanggan untuk mendapatkan rangkaian produk pilihan ACES, mulai dari perkakas, perlengkapan rumah tangga, hobi, traveling, hingga otomotif dengan harga yang super hemat. "(Diskon) Hingga 50%, beli 1 gratis 1, buy more save more yaitu diskon lebih besar untuk pembelian dengan jumlah lebih banyak, hingga product bundling untuk paket produk pilihan dengan harga khusus," ujar dia.
Bukan hanya CSAP, PT Hero Supermarket Tbk (HERO) melalui gerai Ikea juga menggenjot penjualan di sisa tahun ini. Ikea kerap mengeluarkan katalog tahunan di kuartal III. Strategi ini bisa menggenjot penjualan di akhir tahun secara signifikan.
PR Manager Ikea, Ririn Basuki, menyebutkan sejak mengeluarkan katalog tahun 2020 pada akhir Agustus lalu, trafik pengunjung ke gerai mereka meningkat drastis. Hal ini juga paralel dengan penjualan sejak awal September yang meningkat. "Jumlah trafik kunjungan naik dibandingkan tahun lalu," ujar dia.
Ikea bersama Guardian menjadi salah satu gerai milik HERO yang berkontribusi positif. Saat ini, Ikea fokus menyediakan produk yang sesuai preferensi masing-masing pelanggan.
Ririn bilang permintaan terhadap produk home improvement atau aksesori dan furnitur memiliki komposisi sama besar. Namun Ikea tak memerinci produk aksesori apa saja yang paling banyak diburu pelanggan.
Ikea bersiap membuka gerai kedua di wilayah Sentul pada kuartal keempat tahun ini. Sedangkan dua gerai lainnya menyusul dibuka pada tahun depan yakni di Jakarta dan Bandung.
PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) juga menggelar aneka promo untuk menggenjot penjualan. Salah satunya dengan mengadakan Boom Sale sejak bulan ini hingga 1 Oktober 2019.
Senior Marketing & Communications Manager ACES, Malvin Tarigan, menyebutkan program ini merupakan harga paling hemat sepanjang tahun. Selain itu, di bulan September juga ACES meluncurkan program helpful station sebagai bagian dari customer shopping experience.
Boom Sale merupakan kesempatan bagi pelanggan untuk mendapatkan rangkaian produk pilihan ACES, mulai dari perkakas, perlengkapan rumah tangga, hobi, traveling, hingga otomotif dengan harga yang super hemat. "(Diskon) Hingga 50%, beli 1 gratis 1, buy more save more yaitu diskon lebih besar untuk pembelian dengan jumlah lebih banyak, hingga product bundling untuk paket produk pilihan dengan harga khusus," ujar dia.
Komentar
Posting Komentar